Gudeg Sagan Jogja, Gudeg yang manisnya Pas

Gudeg Sagan dirintis sejak 7 September 2003 oleh Bapak Willy dan keluarga. Dinamakan Gudeg Sagan karena usaha ini dirintis dari Kampung Sagan yang sejak dulu dikenal sebagai pusat gudeg di Yogyakarta. Dari awal dirintis hingga saat ini, Gudeg Sagan masih bergaya lesehan.

 

Alamat :

Jl. Prof. Dr. Herman Yohanes No. 53 (Sagan), Yogyakarta

D.I Yogyakarta – Indonesia

Nomor Telepon :

(0274) 7443035

 

Selain di jogja, gudeg sagan ada juga di jl. Ciranjang No. 4, Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Gudeg sagan memang cukup terkenal di daerah asalnya sleman, kalau menurut saya gudeg yogja cenderung lebih manis daripada gudeng solo. Kreceknya lebih kering dan pedasnya pas.

Apa yang menjadi khas Gudeg Sagan?

  • Gudeg Sagan merupakan gudeg basah dengan ayam kampung dan tidak memakai vetsin.
  • Awalnya Gudeg Sagan hanya berupa kaki lima, namun kemudian ada salah satu stasiun TV swasta yang meliputnya. Setelah itu Gudeg Sagan mulai terkenal dan ramai seperti sekarang
  • Ukuran ayamnya cenderung besar-besar
  • Dibandingkan gudeg lainnya, gudeg Sagan manisnya (nb:menurut penulis)

Berbeda dengan Gudeg pada umumnya yang manis banget, Gudegnya tidak berlebih manisnya, arehnya manis gurih, pas beradu dengan kerecek dan kuahnya yang pedasnya sedang. Satu boks gudeg telur pas buat porsi makan saya, mungkin untuk beberapa orang perlu tambahan kayak ayam atau tahu agar kenyang.

Apa saja menu yang disajikan di Gudeg Sagan?

  1. Nasi / Bubur Gudeg Krecek Tempe
  2. Nasi / Bubur Gudeg  Krecek Tahu
  3. Nasi / Bubur Gudeg Telor Bebek
  4. Nasi / Bubur Gudeg Sayap
  5. Nasi / Bubur Gudeg Paha
  6. Nasi / Bubur Gudeg Kepala
  7. Nasi / Bubur Gudeg Dada
  8. Nasi / Bubur Gudeg Paha Atas Tanpa Ekor
  9. Nasi / Bubur Gudeg Paha Atas / Ekor
  10. Nasi / Bubur Gudeg Rempelo Ati

 

    Menu makanan seperti bubur / nasi gudeg krecek dengan lauk tempe, tahu, telur, sayap, paha, rempelo ati, uritan dan lainnya dibanderol dengan harga Rp 8.000,- s/d Rp 30.000,-

    Menu minuman seperti es teh, es jeruk, kopi, saparella, dan lainnya berkisar antara Rp 3.500,- s/d Rp 12.500,-

 

Berapa kira-kira makan di Gudeg Sagan?

    Nasi telor 2 + teh panas + es teh = Rp 32.500

 

Pukul berapa bukanya?

    Gudeg Sagan buka setiap hari pukul 11.00 – 24.00 WIB

Fasilitas apa yang tersedia di Gudeg Sagan?

  • Toilet yang bersih
  • Ada meja makan di outdoor dan indoor
  • Live music

Menurut saya kelemannya adalah ditempat parkir. Gudeg Sagan belum ada tempat parkir khusus. Jadi kalau parkir disepanjang Jl. Prof. Dr. Herman Yohanes No. 53 (Sagan), Yogyakarta. Tenang ada mas-mas tukang parkir yang siap membantu kamu untuk menemukan tempat parkir yang pas

   

Bagaimana cara ke lokasi Gudeg Sagan Jogja?

  • Dari Bandara Adisutjipto ke barat sampai perempatan Galeria Mall
  • Dari perempatan Galeria Mall ke utara lebih kurang 500 meter, Gudeg Sagan terletak di kiri (barat) jalan dekat dengan Toko Wijaya

                       

Berikut ini beberapa testimoni dari orang-orang yang sudah menikmati nikmatnya Gudeg Sagan:

Testimoni 1

Nasinya lembut, gudegnya agak basah, manis, kreceknya ngga terlalu pedas jadi masih harus pakai rawitnya biar enak. Ayam kampungnya empuk dengan kuah areh atau kumut yang ngga terlalu kental.

Testimoni 2

Karena suami ngga suka gudeg tapi suka banget krecek, jadi pesan menu ini. Porsi ini hanya pakai telor bebek, plus siraman kuah krecek. Tahu yang teksturnya cukup padat tapi bumbunya meresap. Pelengkapnya sengaja nambah Krecek porsian, cukup banyak dan kreceknya memang besar-besar dan tebal, bumbunya sedap, manis pedas. Bagi yang suka pedas seperti saya, masih harus ditambah penyetan cabe rawitnya, baru terasa pedas.

Testimoni 2

Yeayy …. ga usah jauh2 lagi kalau mau makan gudeg asli Jogja soalnya Gudeg Sagan dah buka cabang di Jakarta. Blom pernah makan yg di Jogja sih tapi utk rasa memang enak walau cenderung rada kemanisan … nah yg bikin melongo ya harganya klo cuma beli paket ayamnya aja sih masih worth it tp kalau tambah telor bebek …. wow2. Harga paket nasi pake ayam 50K dan telur bebek sebutir 15K blom termasuk tax jadi total yg dibayar 72.5K. Lumayan mahal kan buat sepiring gudeg hehehe

Tapi tempatnya bagus banget … karena menempati rumah lama jadi area makan luas ada 2 tingkat dengan area indoor dan outdoor. Cocok bt acara special keluarga or arisan

Bagaimana cara Membuat Anggaran Biaya untuk Bepergian ke seluruh dunia?

Pertanyaan yang mengesankan, dari Anda dan saya akan menjawabnya serta menunjukkan bagaimana Anda dapat bepergian

RESEP BAKPAO KACANG HIJAU ENAK DAN EMPUK

Tahukah kamu kalau budaya dari berbagai daerah dan negara banyak mempengaruhi makanan di Indonesia? Budaya

7 Hal Orang Yang Baik Dengan Uang Tidak Pernah Membeli

Anda tidak harus kaya untuk menjadi baik dengan uang. Menjadi baik dengan uang adalah tentang

Hotel dan Resor Paling Romantis di Dunia

Hallo Gaeess tahu apa yang diperlukan untuk memenangkan hati pasangan Anda dan mengatur nada untuk

12 Lokasi Liburan Musim Panas Yang Sempurna untuk Anda dan Pasangan

Reruntuhan Maya Tulum, Meksiko, menghadap ke laut Dilokasi ini kamu bisa menemukan sensasi snorkeling di

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*